Parenting | Lifestyle | Review

Makna Kemerdekaan Republik Indonesia

on
Friday 24 August 2018


            Selamat Datang bulan Agustus.

Bulan Agustus tahun 2018, bagi saya adalah waktu yang istimewa. Selain kita sebagai bangsa Indonesia yang setiap tahunnya merayakan HUT Republik Indonesia pada setiap tanggal 17 Agustus. Tahun ini secara bersamaan akan digelar Pesta Olahraga Asia ke  18 (Asian Games) yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus  2 September 2018. Bangga rasanya, Indonesia menjadi tuan rumah bagi acara olahraga multi-event regional Asia. Dengan jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olehraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Event empat tahun sekali ini akan diselenggarakan di 2 Kota yaitu Jakarta dan Palembang dengan mengusung Moto Energy of AsiaPemilihan logo atau identitas Asian Games 2018 menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke Dunia. Sementara itu ada tiga maskot yang dipilih, yaitu Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Terlihat Bhin Bhin menggunakan rompi dengan motif Asmat dari Papua. Sementara itu, Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii). Atung merepresentasikan kecepatan. Maskot ini memiliki perpaduan warna cream dan coklat serta menggunakan sarung khas yang memiliki motif tumpal dari Jakarta. Maskot yang terakhir bernama Kaka dan merupakan seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus). Kaka mempresentasikan kekuatan dan berasal dari Pulau Jawa. Maskot ini menggunakan pakaian tradisional bermotif bunga khas Palembang.

Maskot Asian Games 2018

Siapa kita? INDONESIA.. Siapa kita? INDONESIA..
Teringat terakhir kali mengikuti upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah 5 (lima) tahun lalu saat masih duduk dibangku Kuliah. Namun sampai detik ini, setiap kali mendengar nyanyian Indonesia Raya, air mata saya selalu berlinang karena terharu.  Kemerdekaan Indonesia bukanlah sesuatu yang datang begitu saja. Seketika membayangkan betapa berat dan hebatnya perjuangan para Pahlawan dan bangsa Indonesia dikala itu.

            
MERDEKA.
Tentu setiap individu memiliki makna Merdekanya masing-masing. Bagi saya Merdeka adalah kebebasan yang kita ciptakan sendiri dalam kehidupan sehari-hari namun tetap dapat dipertanggungjawabkan. Dan makna Kemerdekaan Republik Indonesia bagi saya adalah ikut berperan melanjutkan tongkat perjuangan para pahlawan dan  mengingatkan kita pada kebaikan-kebaikannya. Merealisasikan nilai-nilai luhur perjuangan dalam kehidupan sehari hari. Ingatlah kata-kata dari Pemimpin pertama Bangsa Indonesia, Ir. SoekarnoJangan sekali-kali melupakan sejarah!Karena dengan sejarahlah kita mampu belajar untuk merubah masa depan menjadi lebih baik. Merdeka bukan berarti perjuangan telah selesai, tetapi baru akan dimulai dengan tantangan yang berbeda.

Berikut ini adalah contoh semangat dalam memaknai Kemerdekaan Republik Indonesia, bahkan semangat ini dapat diwariskan ke generasi selanjutnya melalui permainan yang sering diperlombakan saat Hari Kemerdekaan tiba.

Mengikuti lomba balap karung yang menggambarkan kerja keras dan pantang menyerah serta jatuh bangun adalah hal yang biasa.

Balap Karung

Mengikuti lomba makan kerupuk yang menggambarkan suatu kesederhanaan dan kesetaraan, dan setiap perjuangan membutuhkan kesabaran karena kesuksesan tidak dapat diraih secara instan.


Makan Kerupuk

Mengikuti lomba panjat pinang yang menggambarkan kebersamaan dan kerjasama untuk mencapai puncak, mencerminkan semangat persatuan dalam mencapai tujuan bersama.

Panjat Pinang

Mengikuti lomba tarik tambang yang menggambarkan gotong royong karena sekuat apapun kita, kita tidak akan mampu menang jika bekerja sendiri. Lomba bakiak yang menggambarkan kebhinekaan, karena bukan hanya sekedar untuk bergerak maju namun kita harus menjunjung tinggi persatuan dalam setiap perbedaan yang ada.

Tarik Tambang


Jadi bagaimana Makna Kemerdekaan Republik Indonesia menurut kamu? Share yuk di kolom komen.
Terimakasih.

#TOBPAgustus
#UpdateMBC
#MomBloggerCommunity

Sumber foto : google

Be First to Post Comment !
Post a Comment