Parenting | Lifestyle | Review

Bepanthen Solusi Merawat Area Popok Agar #BosKecilku Terhindar dari Risiko Ruam Popok

on
Sunday, 18 September 2022


Hi Mama, siapa nih yang masih khawatir bagaimana cara merawat kulit bayi terlebih pada area popok yang rentan akan risiko ruam popok. Sebagai Ibu yang memiliki bayi berusia 3 bulan, sadar betul bahwa kulitnya masih sangat sensitive. Perlu perlindungan extra untuk menjaga kesehatan kulitnya terutama area popok, agar #BosKecilku selalu ceria dan terhindar dari ruam popok.


Beruntungnya saya berkesempatan hadir dalam acara Blogger Gathering Fimela x Bepanthen. Acara yang berlangsung di Wyl’s Kitchen pada 18 Agustus 2022 ini pun menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten, ada dokter anak dr. Reza Fahlevi, Sp.A, personal blogger Nabila Gardena, serta Debi Widianti selaku Marketing Manager Dermatology PT Bayer Indonesia.


Selama acara berlangsung, kami semua diwajibkan menggunakan masker ya, protokol kesehatannya sangat dijalankan dengan baik. Dan sebelum memasuki ruangan pun kami semua diwajibkan untuk swab antigen, tentu sudah disediakan team medis oleh penyelenggara acara. Terima kasih.



RUAM POPOK

Acara dimulai dengan penjelasan dari dr. Reza, tentang perbedaan kulit bayi dan orang dewasa. Menurut dr. Reza kulit bayi lebih rentan dibandingkan dengan kulit orang dewasa karena kulit bayi cenderung lebih tipis, sensitif, dan sistem kekebalan tubuhnya juga masih lemah, sehingga rentan mengalami ruam atau iritasi pada kulit.


Dijelaskan juga bahwa ruam popok merupakan kelainan kulit pada bayi dan balita yang terjadi karena pemakaian popok. Meski termasuk sebagai gangguan kesehatan kulit, ini tidak menular ya Mam. Namun jika masalah ruam popok tidak ditangani segera atau tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan mengakibatkan timbulnya komplikasi lebih lanjut.


Penyebab ruam popok biasanya karena terlalu lamanya kontak dengan urine, tinja, dan mengalami gesekan. Nah, dr. Reza membagikan tips untuk mencegah #BosKecilku terhindar dari ruam popok dengan ABCDE. Apa itu? Berikut ini yang saya rangkum secara singkat

A (Air). Sirkulasi udara pada popok yang digunakan, agar kulit tetap dapat 'bernapas'.

B (Barrier). Mama dapat mengoleskan tipis-tipis diaper cream pada area popok sebagai pertahanan kulit bayi.

C (Clean). Setiap 4jam atau jika sudah pipis/bab langsung mengganti popok, jangan menunggu popok penuh ya Mam. Kemudian bersihkan dengan air bersih, sebaiknya air mengalir. Bersihkan secara benar, dari arah depan ke belakang ya Mam. Lalu keringkan terlebih dahulu sebelum menggunakan kembali popoknya.

D (Diaper). Tahu betul ya para Mama tentu senang dengan promo diskon, apalagi untuk pembelian popok. Tapi ingat ya Mam, wajib memilih ukuran yang tepat (agar tidak terjadi gesekan yang mengakibatkan iritasi); bahan popok yang cocok; dan yang menyerap air.

E (Education). Sebagai Mama Blogger, kita wajib memberikan informasi atau mengedukasi para Mama lainnya bagaimana cara merawat kesehatan kulit si kecil terlebih area popok agar terhindar dari ruam popok ya Mam.


dr. Reza juga menjelaskan dalam memilih salep popok yang tepat.

  1. Aman dan bermanfaat

Aman disini artinya sudah teruji secara klinis, mengandung bahan yang dapat meningkatkan perlindungan alami kulit, mempertahankan kelembab kulit, dan mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk kulit.

  1. Tidak berbahaya

Tidak mengandung bahan yang berpotensi beracun dan juga berpotensi menyebabkan sensitivitas.


Setelah dr. Reza memberikan penjelasan tentang perawatan kulit bayi pada area popok, ternyata beliau menghibur kami yang hadir dengan menyanyikan sebuah lagu berjudul "Sherly" yang ternyata lagu miliknya lho. Keren! Selain menjadi dokter, dr. Reza juga seorang penyanyi berbakat lho.


BEPANTHEN SALEP POPOK

Setelah memahami tentang ruam popok, penyebabnya, cara mengatasi, hingga peranan salep popok sebagai pelindung kulit untuk kasus ruam popok, oleh dr. Reza. Hadir juga Mama Nabila Gardena selaku personal blogger sebagai narasumber, menjelaskan bahwa Bos Kecilnya juga dapat mengalami ruam popok kapan saja. Dan Mam Nabila sudah menemukan solusinya, melindungi area popok Bos Kecil agar senantiasa terawat dan terhindar dari ruam popok dengan mengoleskan salep popok bayi setiap hari setiap kali setelah membersihkan area popok dari urine/feses.


Salah satu brand yang dikenal sebagai ahlinya salep popok bayi adalah Bepanthen. Bukan tanpa alasan kenapa Bepanthen ini dapat diandalkan untuk melindungi kulit Bos Kecil dari risiko ruam popok. Menurut Marketing Manager Dermatology PT Bayer Indonesia, Mama Debi Widianti, “Triple Action Formula Bepanthen akan melembutkan kulit bayi, melindungi kulit dari gesekan, dan merawat kulit. Bepanthen terbukti klinis pada kulit bayi memberikan manfaat dalam melindungi area popok dari risiko ruam popok. Semua kandungan dari Bepanthen memiliki manfaat untuk kulit bayi jadi tidak ada tambahan yang bisa memberikan dampak negatif untuk kulit bayi.


Mam Debi juga menjelaskan jika Bepanthen menjadi pelopor salep popok bayi yang menemukan kandungan utama Dekspanthenol (Pro Vitamin B5). Kandungan tersebut dapat membantu menstimulasi sel-sel kulit menjadi lebih sehat. Bepanthen juga mengandung emolien lain, seperti Sweet Almond Oil, Lanolin dan Paranum liquidum yang bersifat emolien sehingga meningkatkan sistem pertahanan kulit sehingga melembutkan kulit bayi setiap hari. Selain daripada itu lapisan pelindung dari Bepanthen tahan tanpa retak hingga 10 jam dibandingkan krim dengan kandungan Zinc Oxide. Sehingga lebih optimal perlindungan dari Bepanthen.


Bepanthen teruji secara klinis pada kulit bayi yang baru lahir. Salep popok bayi ini bisa digunakan setiap hari sebelum Bos Kecil dipakaikan popok. Manfaat lain salep Bepanthen adalah dapat juga digunakan untuk merawat puting ibu menyusui, jadi berguna baik untuk anak dan Ibunya. Jangan lupa membersihkan area puting sebelum kembali menyusui ya Mam agar tidak merubah rasa dari ASI nya.


CRAFTING

Sebelum mengakhiri acara, kami semua diberikan challenge untuk menggambar design/pola sebagai hiasan pouch menggunakan 4 warna spidol yang telah di sediakan. Super seru, kami semua dapat menuangkan kreativitas masing-masing dalam menggambar sekaligus mewarnai.


Hasil karya yang terbaik akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja produk bayer lho. Mau!


REVIEW BEPANTHEN



Sebagai seorang Ibu yang aktif menyusui, saya sangat senang dengan salep Bepanthen yang dapat digunakan untuk merawat puting saya agar terhindar dari puting lecet.





- - -


Bepanthen bisa didapatkan di apotek terdekat maupun lewat Bayer Health Official Partner Store di Shopee, ya Mam.

Jangan lupa gunakan kode voucher: BAYERBE03 untuk diskon khusus setiap pembelian Bepanthen di sini. Buruan ya jangan sampai ketinggalan!


Area popok terlindungi #BosKecilku ceria setiap hari.




5 comments on "Bepanthen Solusi Merawat Area Popok Agar #BosKecilku Terhindar dari Risiko Ruam Popok"
  1. Acaranya seru bgt ya, banyak bgt ilmu yang di share, anak kalau udah kena ruam kasian jadi ga nyaman, aku juga mau beli ah Bepanthen buat di rumah

    ReplyDelete
  2. Kulit bayi yang tertutup diapers emang beresiko lebih tinggi kena ruam ya bahkan infeksi, harus stok Bepanthen nih di rumah

    ReplyDelete
  3. Anakku pernah banget mengalami ruam dan parahnya aku waktu itu gak tahu menahu masalah ruam. Jadi panik, karena bayi jadi super rewel. Alhamdulillah, kini sudah kenalan dan paham mengenai produk ruam bayi yang terpercaya dari Bepanthen. Sehingga para ibu muda saat ini bisa langsung menggunakan sebelum ruam semakin parah dan menyiksa sang bayi.

    ReplyDelete
  4. Dengan singkatan ABCDE ini para mama jadi lebih mudah mengingat pentingnya perawatan kulit buah hatinya.

    ReplyDelete
  5. aku juga pake nih mom bepathen untuk anakku, kebetulan cocok juga jadi gak khawatir lagi kalo ada ruam langsung deh pakein

    ReplyDelete