Parenting | Lifestyle | Review

Membuat Kue Ya Duet Baking COSMOS®

on
Wednesday 5 December 2018

Sebentar lagi tahun 2018 berakhir, artinya kita sudah memasuki bulan Desember. Dimana banyak yang mempersiapkan liburannya, bisa keluar negeri atau keluar kota. Untuk saya pribadi sih lebih memilih dirumah saja bersama keluarga, terlebih saya masih memiliki anak berusia 2tahun dan bayi berusia 3 bulan.


Senang rasanya dapat hadir dalam acara #DuetBakingClass with COSMOS® pada hari Rabu, 28 November lalu di Sweet Troops Baking Studio by Chef Livianca Venaessa.


Jadi punya ide untuk memanfaatkan liburan nanti membuat kue bersama anak dirumah. Sekalian jadi momen Bonding dengan anak.



GM Marketing COSMOS® - Ibu Retno Pratiwi
Acara #DuetBakingClass with COSMOS® dipandu dengan fun oleh Mba Ankatama Ruyatna. Dimulai dengan sambutan dan perkenalan mengenai produk COSMOS® yang akan digunakan untuk Duet Baking Class oleh Ibu Retno Pratiwi selaku GM Marketing COSMOS®. Turut hadir pula Mom Influencer Ilma Rineta Rahmanda.

Dan pada kesempatan kali ini, Chef Livianca akan memberikan resep dan cara membuat "Light & Moist Sponge Cake".
Ankatama Ruyatna - Ilma Rineta - Livianca Venaessa

Baking Time


Dalam Duet Baking Class kali ini dibagi kelompok, masing-masing 4 orang. Diatas meja sudah tersedia bahan-bahan membuat kue, lengkap dengan Cosmic dan Cosmoven.

Bahan-bahannya;
3 putih telur
120 gram gula pasir
3 kuning telur
100 gram tepung
50 ml susu
30 gram butter, cairkan
Secukupnya pasta (grup saya menggunakan pasta pandan)


Chef Livianca mulai mencampur adonan
Chef Livianca memulai Baking Class, menyusul kami pun mengikuti arahannya satu-persatu. 

Berikut ini cara membuatnya;
  • Panas Cosmoven di suhu 200° dengan pemanas bawah terlebih dahulu.
  • Masukkan putih telur ke bowl Cosmic, lalu nyalakan Cosmic dimulai dengan speed terendah (Chef Livianca memulai dari speed 2), lalu tambahkan gula sedikit demi sedikit, dan naikkan speed Cosmic pada speed tertinggi. Biarkan Cosmic melakukan semuanya sendiri (karena bowlnya dapat berputar sendiri) sampai adonan jadi kaku. Pastikan adonan tidak tumpah saat bowl dalam posisi terbalik.
  • Kocok kuning telur, susu cair dan butter cair sampai rata dengan whisker. Tambahkan pasta secukupnya (grup saya pasta pandan).
Saya tambahkan pasta pandan

  • Masukkan tepung ke adonan kuning telur, susu cair, butter cair dan pasta. Aduk hingga semua tercampur.
  • Masukkan sedikit demi sedikit adonan putih telur ke adonan tepung sambil di aduk perlahan (aduk dengan cara ambil tuang ambil tuang). Tidak perlu di aduk terlalu lama karena nanti akan merusak adonan, jadi kempes.
  • Tuangkan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi mentega serta tepung.
Adonan Sponge Cake
  • Masukkan ke dalam Cosmoven dan panggang dengan suhu 200° pemanas atas bawah selama 10 menit. Hingga adonan kue naik mengembang.
  • Jika sudah matang, keluarkan dari Cosmoven. Tunggu hingga dingin. Tap kan ke meja agar kue mengempis dan terlepas dari loyang.
  • Sponge Cake siap dihias.


Menghias Sponge Cake
Membuat rose untuk menghias kue - Chef Livianca
Inilah saat yang dinanti-nanti kan. Yups, menghias kue hasil sendiri. Sudah disiapkan untuk menghias, butter cream, Oreo minis, cha-cha, marshmallow dan buah strawberry.

Chef Livianca mendemokan bagaimana cara membuat rose dari butter cream. Cantik.

Saat saya sedang menghias kue, Chef Livianca datang kearah saya dan mencontohkan bagaimana membuat pinggiran cantik. Sungguh kesempatan langka. Best moment. Terimakasih Chef.


Membuat pinggiran 
Woalaaaa, inilah penampakan Sponge Cake ala Agatha Widori. Cukup sederhana dengan hiasan strawberry diatas kue dan remahan Oreo. Tapi jadi mevvah dengan pinggiran cantik dari Chef Livianca.
Hasil karya Agatha Revindra Widori

Duet Baking COSMOS®
COSMOS® Mixer with Container
Sejak awal selalu disebut Duet Baking, yang namanya duet ya duo alias dua. Membuat kue cuma butuh 2 alat ajaib ini. Ya, Cosmic (COSMOS® Mixer with Container) merupakan produk unggulan terbaru dari COSMOS® dan pertama serta satu-satunya  yang dilengkapi dengan container berbahan tidak mudah pecah, dan dapat digunakan untuk menyimpan alat pengaduk dan pengocok agar lebih rapi dan higienis. Solusi banget nih agar tidak tercecer.

Cosmic memiliki 5 keunggulan antara lain;
  1. Pengaturan 5 kecepatan
  2. Fitur tombol turbo
  3. 2 alat pengaduk
  4. 2 alat pengocok
  5. Kekuatan penuh motor Mixer 200w
Serta dilengkapi Thermostat Overheat Protector yang berfungsi sebagai pengaman panas berlebih yang dapat memutuskan arus listrik sehingga mencegah kerusakan motor Mixer.
Cosmoven
Nah mixer nya sudah, berikutnya kita pakai Cosmoven (COSMOS® Oven). Kali ini kita pakai yang berkapasitas 26liter. Cosmoven ini dapat digunakan untuk memanggang kue, daging, ayam bahkan ikan. Cosmoven ini juga hemat listrik loh, dengan total daya 800watt yang dapat kita pilih penggunaanya (6 pilihan elemen pemanasan). Pemanas atas (400watt) atau pemanas bawah (400watt) dan dapat digunakan secara bersamaan (pemanas atas bawah). 


Tentang COSMOS®

COSMOS® adalah perusahaan pembuat alat elektronik konsumen asal Indonesia, den nama PT Star Cosmos. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 17 September 1976 oleh Ir. Alam Surjaputra.


Untuk informasi lebih lengkap seputar produk COSMOS®, pembelian, promo, tips dan menu masakan, giveaway, quiz dan keseruan lainnya, silahkan kunjungi website atau social media dibawah ini.

Website:
Instagram:
Facebook:
My Cosmos


Cosmoven dan Cosmic


..
#DUETBakingClass with COSMOS®
Snacks Pyramid



Makan siang Indonesian food mantap

Aku dan booth cantik COSMOS®
Terimakasih Mom Vibrie (founder  @unicornadcom) atas undangannya, saya jadi mendapatkan pengalaman luar biasa ini.

21 comments on "Membuat Kue Ya Duet Baking COSMOS®"
  1. Wah pas bangeet bulan depan anak ku ulang tahun . Niat nya mau bikin kue sendiri . Kok kayak nya gampang yaa. Aku contek contek resep nya ya mom

    ReplyDelete
  2. Waaooo jadi pengen bikin kue, kebetulan dari kemaren kepikiran mau bikin kue, buat anak-anak lebih baik emang bikin sendiri, lebih sehat dan terjamin higienisnya :D

    cosmos ini beneran bikin mupeng buat dikoleksi, biar bisa rajin-rajin ngunjungi dapur hihihi.

    ReplyDelete
  3. Salah satu kegiatan yang seru bareng anak ya memasak, entah itu menu favorit, maupun menu baru yang kepingin coba dibuat.
    Biasanya mulai dari pemilihan bahan, membuat adonan, pasti ada aja kejadiannya, entah tepungnya yang tumpah, lupa ngasih garam, atau kalau adonan sudah jadi malah diicip2 terus...hahahaaa, pokoknya seruuu.
    Apalagi pakai Cosmos yang asli produk Indonesia, pas banget.

    ReplyDelete
  4. Seru banget nih acaranya. Jadi pengen bikin kue juga. Baca postingan ini jadi teringat adek sepupu yang beberapa waktu yang lalu beli mixer Cosmos.

    ReplyDelete
  5. Baking kue saat libur sekolah anak2 utk isi liburan adl kegiatan yg ditunggu2 nih

    ReplyDelete
  6. Cosmos memang bagus banget kualitas seluruh produknya ya mom. Nggak perlu diràgukan lagi deh. Ah aku mw buat kue juga ah untuk bekal nanti liburan akhir tahun heheh

    ReplyDelete
  7. Aku pengen baking tapi belum ada oven nih. Harus nebengke rumah orang tua dulu hahaha. Nabung ahhh :)

    ReplyDelete
  8. Keren mixer Cosmos ada container penyimpannya. Rapi jadinya...pas bener disebut Duet Baking dengan Cosmoven yang keren bisa jadi senjata andalan perbakingan ini

    ReplyDelete
  9. chef nya cantik banget ya, imut, masih muda pula hihihi aku mau juga produk ini nih, pas banget lagi belajar soal baking di rumah.

    ReplyDelete
  10. Wah kemarin ada juga di Baking Class bersama Cosmos, seru ya acaranya. Ini pertama kali loh aku bikin chiffon dan ternyata gampang banget ya dan resepnya pun gampang dan enak.

    ReplyDelete
  11. Asyik benar acaranya ada praktek pangsung buat makanan nya. Ngga pake ribet dan ngga pake lama ya mba semuanya pakai Cosmos. Akundirumah Cosmos nya rice cooker sj dan awet lho

    ReplyDelete
  12. Produk cosmos terjamin pasti berkualitas. Dirumah juga pakai mixer cosmos udah lama tapi masih bagus, tinggal oven cosmos nih belum punya hehe nabung duluuu

    ReplyDelete
  13. Seru banget ini acaranya. Masak-masakan. Jadi pengen punya ovennya, secara aku ini suka banget manggang-manggang.. cus ah cek harga..

    ReplyDelete
  14. Wow kuenya menggoda banget mbak... Bikin pengen nyoba membuatnya juga nih mumpung bahannya ready...tinggal eksekusi saja...

    ReplyDelete
  15. Bahannya sponge cakenya mudah didapat ya mba, jadi pengen coba sendiri di rumah.
    Magic com ku dirumah pakai cosmos. Dari jaman kuliah sampe sekarang masih awet.

    ReplyDelete
  16. Aku di rumah ada mixer kayak gini tapi udah lama banget ga dipakee haha.. Gegara udah susah waktu lagi buat baking karena udah punya bayi lagi. Dulu sih sebelum hamil anak kedua sempet suka baking, jadi kangen lagi bikin kue hehe

    ReplyDelete
  17. Wahh seruu langsung praktek saat itu juga, jadi sekalian bisa dikoreksi ya kalo ada yg perlu2 ditambahkan. Aku udah lama ga bakin2 nih, liat comos mixer jadi naksir pengen ganti hihi

    ReplyDelete
  18. wah aku termasuk penggemar kue bolu nih. tapi sayangnya belum pernah bikin dengan sukses. kapan-kapan coba bikin ah

    ReplyDelete
  19. Pengen banget oven cosmosnya. Sekarang lagi ada diskon gak ya?

    ReplyDelete
  20. Aku minta aja deh mba kienya. Nyerah ah klo disururh ngebaking. Sepwt aih rajin banget nyobain anela resep kue. Tp sekarang malas ah.

    ReplyDelete