Parenting | Lifestyle | Review

Sentuhan Cinta Jemari Ibu Mempengaruhi Tumbuh Kembang Bayi Secara Optimal

on
Selasa, 02 Juli 2019

Menjadi seorang Ibu adalah suatu Kebanggaan dan Kebahagiaan untuk saya. Menjadi Ibu bekerja adalah pilihan, bukan karena egois, tetapi ingin memberikan masa depan yang lebih baik. Bukan berarti Ibu yang tidak bekerja tidak dapat mewujudkan hal tersebut, hanya saja itu pemikiran saya pribadi. Tentu saya ingin suatu saat dapat merawat kedua buah hati saya sendiri, dan menjadi seorang Ibu yang sesungguhnya.


Pada hari Rabu, 26 Juni 2019 saya berkesempatan mengikuti kegiatan Sentuhan Cinta Pijat Bayi untuk Tumbuh Kembang si Kecil bersama JohnsonBaby, yang bertempat di Hotel Gran Mahakam. Acara dimulai dengan makan siang pada pukul 12:00. Dibuka dengan sambutan dari Ibu Devy Andrie Yheanne selaku C&PA Leader Johnson & Johnson Indonesia dan Ibu Wynne Lukman selaku Brand Manager Johnson & Johnson Indonesia.



dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K) MPH
Acara dilanjutkan dengan talkshow oleh dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH yang merupakan Dokter Spesialis anak dan tumbuh kembang Pediatri Sosial. Membawakan materi "Pentingnya stimulasi harian untuk Tumbuh Kembang Bayi (Stimulasi Pijat Bayi).


Perkembangan bayi meliputi 2hal, Nutrisi (pemberian ASI) dan Stimulasi. 


Manfaat Pijat Bayi
Rushel senang Sentuhan Cinta Johnson's 
Pijat bayi merupakan sentuhan cinta sebagai salah satu stimulasi multisensory yang dapat mendorong perkembangan dan pertumbuhan bayi secara optimal, terutama jika dilakukan pada masa golden age, yaitu  1000 hari pertamanya.

Rutinitas pijat bayi dengan sentuhan Ibu memiliki banyak manfaat untuk bayi maupun Ibu, antara lain:
  • Memperlancar peredaran darah yang sehat
  • Memperkuat kekebalan tubuh
  • Memperlancar pencernaan bayi dengan menambah napsu makan, mencerna, dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi
  • Membantu bayi untuk relaksasi, tidur lebih nyenyak, dan lebih lama
  • Membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
  • Membantu memperkuat masa tulang
  • Meningkatkan ikatan emosional bayi dengan orang tua karena meningkatkan produksi hormon oksitosin bagi bayi dan juga Ibu (hormon yang membuat merasa nyaman dan dicintai).

Langkah-langkah Pijat Bayi
Workshop Pijat Bayi
Metode pijat bayi Johnson’s telah dikaji oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan telah dijadikan pedoman pijat bayi oleh para bidan se-Indonesia melalui pelatihan dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Modul pijat bayi lengkap dapat diunduh file di sini.

Saya mengerti kesibukan para Mama, untuk itu saya memberikan informasi langkah singkat memijat bayi, seperti di bawah ini:

CARESS LOVE. Letakkan kedua telapak tangan anda di atas dahi bayi dan pijat perlahan ke bawah mengarah ke dagunya, seperti membuka buku.

RELAX. Pijat area di atas alis, dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari. Pijat perlahan.

SMILE. Pijat secara perlahan dengan membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari. Lakukan hal yang sama pada bawah bibir

BUTTERFLY. Dengan kedua telapak tangan yang diletakkan di tengah dada, gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai di bawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengah, tanpa mengangkat tangan.

CROSS/MENYILANG. Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri.

“I”. Pijat lembut dengan 3 ujung jari tangan membuat pola dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah, seperti membentuk huruf “I”

“L.O.V.E”. Buat garis di atas perut dari kanan atas ke kiri atas bayi. Kemudian, lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut membentuk huruf “L”.

“U”. Selesaikan dengan membuat huruf “U” terbalik dari perut sebelah kanan bayi. Arahkan jari Anda perlahan ke atas perut dan turun mengarah ke perut sebelah kirinya.

WALKING FINGERS. Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara.

FINGER SHAKE. Goyang dan tarik lembut setiap jarinya dari jempol hingga kelingking.

ROLLING. Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

MILKING. Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan. Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah (seperti memegang tongkat kasti). Buat gerakan seperti memerah secara berulang-ulang.
  • Milking India: gerakan memerah dari paha ke bawah lalu
  • Milking Swedia: gerakan memerah dari tungkai ke atas
RELAX (KAKI). Pegang kedua pergelangan kaki bayi, silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula, gerakan ini dilakukan dengan bergantian dan berulang-ulang.

SLIP (PIJATAN MELUNCUR). Baringkan si buah hati dengan posisi dada di bawah (tengkurap). Posisikan satu telapak tangan Bunda, tegak lurus dengan tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas ke bawah, dari leher hingga bokong.

History of Touch
Reyvell - History of Touch
Sentuhan adalah bentuk komunkasi yang sederhana namun penuh cinta yang dapat dilakukan melalui ritual pijat, ketika digabungkan dapat menjadi waktu yang tepat untuk membangun ikatan Ibu dan bayi. Pada waktu yang sama, kegiatan ini dapat menstimulasi multisensorik yang membantu mengembangkan kesejahteraan psikologis dan emosional bayi.

Sejarah singkat Sentuhan Cinta bersama Johnson & Johnson tertuang dalam History of Touch, sebagai berikut,

1881 - Awal Perkembangan Touch Modern
Menjadi awal perkembangan touch modern dalam dunia medis melalui eksperimen Dr. Zabudeski. Margaret Ribble menyimpulkan, bayi yang lebih sering ditimbang mendapatkan rangsangan respirasi dan sirkulasi yang lebih baik.

1975 - Fakta Pijat Bayi
Ruth Rice melaporkan, bayi-bayi yang dipijat selama 15 menit sebanyak 4 kali sehari selama sebulan memiliki perkembangan saraf dan fisik yang lebih baik dibandingkan yang tidak dipijat.

1986 - Titik Balik Touch
Dr. Tiffany Field dan tim mendokumentasikan manfaat touch pada 40 bayi prematur, dimana bayi prematur yang mendapatkan pijatan mengalami kenaikan rata-rata berat badan 47% lebih besar & lebih aktif.

1992 - Sejarah Touch Research Institute
Didirikan oleh Dr. Tiffany Field dari University of Miami School of Medicine dengan dukungan dana dari Johnson & Johnson Indonesia yang didedikasikan untuk mengembangkan penelitian mengenai touch dan aplikasinya.

1994 - Sentuhan adalah Bahasa Cinta
Johnson & Johnson Indonesia memperkenalkan kampanye Bahasa Cinta untuk mendukung touch di seluruh dunia, yang mendorong orang tua untuk memperkuat ikatan emosional dengan anak mereka.

1997 - Touch di Indonesia
Johnson & Johnson Indonesia memperkenalkan touch kepada ahli kesehatan dan konsumen melalui berbagai pelatihan yang intensif, juga mengundang Dr. Tiffany Field untuk memberikan penjelasan di beberapa kota besar di Indonesia.

1999 - Studi awal Touch di Indonesia
Dilakukan oleh Dr. Ina Rosalina, Dr. Julistia Jais dan dr. Purboyo Soleh mengenai manfaat pijat bayi pada masa tumbuh kembang pada 40 bayi cukup bulan.

2000 - Peluncuran Panduan Pijat Bayi
Buku panduan pijat bayi dan buku pijat bayi untuk bayi prematur pertama di Indonesia, diluncurkan oleh Dr. Utami Roesli bekerjasama dengan Johnson & Johnson Indonesia. Selain buku, diluncurkan juga video untuk lebih memudahkan.

2004 - Touch Training of Trainer
Indonesia Touch Center didirikan bekerjasama dengan Klinik Bayi Beresiko Tinggi. Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran UI melaksanakan program Touch Training of Trainer untuk tenaga medis dan para orang tua.

2005 - Rekor MURI Pijat Bayi
Diselenggarakan pijat bayi marathon di Jakarta yang melibatkan lebih dari 500 peserta Ibu dan Bayi, 100 orang bidan dan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia.

2006 - Kompetisi Penelitian Touch
Untuk meningkatkan minat dan perhatian para professional kesehatan tentang pentingnya stimulasi sentuhan, Johnson & Johnson Indonesia mempelopori kompetisi penelitian Touch.

2007 - Buku “Fisiologi Pijat Bayi”
Mendukung dr. Ina Rosalina, Sp. A(K) M. Kes. yang turut melakukan penelitian Touch di Indonesia, untuk mempublikasikan buku yang dijual bebas mengenai manfaat dan teknik pijat bayi.

2017 - GUINNESS WORLD RECORDS™
Johnson & Johnson Indonesia Mencetak Rekor GUINNESS WORLD RECORDS™ untuk Pelatihan Stimulasi Pijat Bayi Terbesar dengan 629 peserta bidan, bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia

2018 - MURI Gerakan Pijat Bayi Nasional
Johnson & Johnson Indonesia Didukung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Pecahkan Rekor MURI untuk Gerakan Pijat Bayi Nasional Dengan 565 Ibu-Ibu Peserta.

2019 - Edukasi & Pembangunan Posyandu
Dukung Bayi Indonesia untuk mendapatkan awal kehidupan yang sama dengan edukasi pijat bayi di 10 kota dan berdonasi dengan membeli produk JOHNSON’s untuk disumbangkan dalam pembangunan posyandu dan sarana air bersih di Gresik.



Rangkaian produk Johnson's Baby (doc: @the_urbanmama)
doc: @the_urbanmama
Jadi ayo kita wujudkan Sentuhan Cinta dengan Pijat dimanapun dan kapanpun. Untuk informasi lebih banyak tentang #SentuhanCinta #PijatBayi #JohnsonsBabyid silahkan kunjungi,
Instagram @JohnsonsBaby_id
Facebook @JohnsonsBabyIndonesia

Sentuhan Cinta Johnson's dirumah

1 komentar on "Sentuhan Cinta Jemari Ibu Mempengaruhi Tumbuh Kembang Bayi Secara Optimal"