Parenting | Lifestyle | Review

SENSORY PLAYDATE BERSAMA BUNBUN MAMA'S CHOICE DI HARI ANAK NASIONAL

on
Tuesday 26 July 2022


Hi Mama apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya.
Bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli 2022 lalu, Mama’s Choice mengadakan Bunbun Sensory Playdate. Bunbun Sensory Playdate merupakan acara temu main bertemakan Dunia Bunbun, dimana Mama dan bayi dapat saling berinteraksi. Dalam acara tersebut, setiap anak (usia Baby 6-12 bulan dan Pre Tots 12-24 bulan) yang terdaftar akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas sensory dari Kindy Cloud secara gratis.

Dalam acara tersebut juga diadakan talkshow bertema “Pentingnya Playdate & Bonding untuk Kemampuan Bersosialisasi Anak” dengan narasumber Psikolog Anak, Mba Chitra Annisa dan Mama Influencer, Caca Tengker.

Nah beruntung saya dan Rushel mendapatkan kesempatan untuk hadir di Bunbun Sensory Playdate tersebut.


PLAYDATE MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK
Narasumber Talkshow
Dibuka dengan penjelasan tentang Dunia Bunbun dan juga produk Mama's Choice Baby Series oleh Mba Maureen selaku Manager Product Mama's Choice bahwa seluruh produk Mama's Choice Aman, Halal dan Natural.

Faktanya stimulasi sosial bagi anak seperti playdate sangat penting untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi anak balita. “Anak-anak yang lahir pada saat pandemi jarang berinteraksi selain dengan keluarga inti, sehingga di keramaian atau saat bertemu kakek-nenek, mudah menangis. Karena tidak terbiasa, merasa tidak nyaman", tutur Mba Chitra

Selain stimulasi berupa interaksi sosial, anak juga memiliki kebutuhan yang lain untuk menunjang perkembangan kognitif di periode emasnya, yaitu sensory play. Kebutuhan anak terhadap sensory play ini juga berbeda-beda, jadi harus disesuaikan dengan karakter anak.

Mba Chitra lebih lanjut mengungkapkan, anak usia 0 hingga 3 tahun membutuhkan stimulasi yang konkret atau nyata, dan hal ini tentu tidak bisa didapatkan melalui gadget.

Sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan, Mama Caca menerapkan 3 hal berikut:
  1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait lokasi yang akan dikunjungi, misalnya bagaimana protokol kesehatannya.
  2. Memperhatikan bagaimana kebutuhan perkembangan anak, karena setiap anak berbeda.
  3. Menjalankan protokol kesehatan dengan baik, salah satunya dengan membawa hand sanitizer yang aman untuk anak-anak (tidak mengandung alcohol, dan pilihan aman ya dengan produk Mama's Choice).

Mama Caca juga memberi testimoni mengenai Dunia Bunbun, “Aku sering menyelipkan stimulasi dalam aktivitas sehari-hari di rumah, misalnya saat mandi. Nah, karakter Bunbun di produk Mama’s Choice bisa jadi bahan bercerita kepada anak, misalnya, wah Bunbun juga suka mandi nih. Dan sebagainya", ungkapnya.

Dan manfaat sensory play yang paling dirasakan oleh Mama Caca adalah Kelekatan Orangtua dengan Anak.


Selama acara talkshow, para Mama juga diberikan kesempatan untuk menjawab dan juga memberikan pertanyaan lho, dan saya salah satu yang berkesempatan menjawab pertanyaan yang diberikan. Puji Tuhan dapat hadiah juga lho, tentu produk Mama's Choice Baby Series.


BUNBUN SENSORY PLAY
Rushel ketika melukis Bunbun
Berlokasi di Kindy Cloud Pejaten Terrace, Jakarta Selatan. Saya dan Rushel hadir menggunakan pakaian warna kuning (dresscode), disambut dengan dekorasi balon serba kuning dan putih. Diarahkan untuk registrasi dan mengukur suhu, tidak lupa dibagikan snack dan juga Sensory Play Kit yang sesuai usia anak dan kelas yang akan diikuti.

Setelah selesai registrasi, mata kami langsung tertuju pada booth dengan dekorasi super gemas karena ada beberapa karakter Dunia Bunbun disana. Tidak lupa kami langsung berfoto-foto untuk dibagikan ke social media bahwa acaranya seru banget. Rushel mendapatkan kelas kedua (Pre Tots) setelah talkshow.

Sensory Time!
Unboxing terlebih dahulu Sensory Play Kit. Ada yang dimainkan saat itu juga ada juga home kit lho. Asik!!

Pertama, Rushel dan teman-teman belajar membuat alat musik dari pasta dan kancing warna warni yang dimasukkan kedalam botol (anak-anak bisa belajar bentuk, warna dan berhitung juga lho). Shake shake dan asiknya ada suara musik dari alat yang Rushel buat.
Rushel membuat alat musik
Kedua, memberi makan Bunbun. Karakter Mama’s Choice Baby Series yang satu ini memang menggemaskan yah, mari kita memberikan wortel untuk Bunbun. Seru banget, sampai Rushel joget joget karena happy!

Ketiga, melukis siluet Bunbun diatas kanvas. Seluruh cat food grade ya jadi aman untuk anak-anak (tapi tidak untuk dimakan ya Mam). Setelah seluruhnya terwarnai, lepaskan sticker Bunbun maka terbentuklah siluetnya, jangan lupa tempel ekornya ya. Taraaa, super gemas!
Rushel dan hasil lukisannya
Keempat, mengenal berbagai macam tekstur dan warna. Ada spaghetti hijau, penne dan jelly kuning. Anak-anak dilatih untuk merasakan mana yang bertekstur kenyal, lembut dan keras. Menekan, memencet, dan mencampurnya. Yeayyyy asik banget!
Rushel mengenal tekstur

Dan seluruh kegiatan ditutup dengan bermain bubbles yang diikuti oleh seluruh anak-anak, seru dan asik banget!!


Terima kasih Mama's Choice dan Kindy Cloud, happy banget Mama dan Rushel berkesempatan hadir untuk mengikuti Bunbun Sensory Playdate bersama Kindy Cloud, seluruh rangkaian acaranya menarik, meski ada talkshow sebelum memulai sensory play anak-anak tidak bosan menunggu karena disediakan juga arena bermain.

Menjalankan protokol kesehatan dengan baik meski di outdoor para Mama dan juga Papa yang menunggu tetap menggunakan masker selama acara berlangsung, terlihat juga disediakan sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta hand sanitizer di beberapa lokasi. Saat registrasipun seluruh suhu peserta hadir di ukur terlebih dahulu.

Makin happy di akhir acara seluruh peserta mendapatkan goodie bag yang isinya bermanfaat untuk Mama dan si kecil. Semoga Dunia Bunbun semakin banyak mengadakan event edukasi yang menyenangkan lagi di kota lainnya, agar seluruh anak Indonesia mendapatkan pengalaman menyenangkan bermain dan belajar bersama Dunia Bunbun.


DUNIA BUNBUN

Rushel dan Bunbun

Bunbun adalah maskot milik Mama’s Choice yang dihadirkan sejak 2020. Melalui Bunbun, Mama’s Choice ingin membuat konten edukasi yang menyenangkan dan menarik, serta menjadi sarana bonding antara Mama dan Si Kecil. Karakter yang terdapat di Dunia Bunbun adalah Bunbun, Mamabun, Papabun, Sunny, Ellie, Miu, Princess Sky (lihat selengkapnya disini).


Bersama Dunia Bunbun, saya sebagai Mama dapat membantu memberikan stimulasi dan mengisi quality time dengan si Kecil. Melalui edukasi dan pernak pernik Bunbun yang dapat Mama download, membantu mengajarkan si Kecil dengan Angka, Bentuk dan Warna. Dunia Bunbun juga memiliki buku-buku yang isinya mengajak si Kecil bermain dan belajar banyak hal (tersedia juga videonya lho jadi lebih menarik jika di tonton bersama Mama dan atau Kakak/Adik si Kecil).

Di sebuah desa kecil ajaib, Hiduplah keluarga kelinci yang bahagia, Bunbun, Mamabun, dan Papabun! 

Setiap hari Bunbun suka bermain dengan teman-teman. Hari-hari mereka penuh dengan tawa dan petualangan!

Dengan kebaikan alam sekitar, mereka menjalani hidup tanpa rasa khawatir!


Nah demikian keseruan acara Bunbun Sensory Playdate 2022, Mama bisa mendapatkan merchandise dan konten edukasi Dunia Bunbun di sini.


#DUNIABUNBUN

#BUNBUNSENSORYPLAYDATE

Be First to Post Comment !
Post a Comment