Fakta dibalik Mitos seputar kehamilan

on
Selasa, 07 Agustus 2018


Ini adalah kehamilan anak kedua saya, Puji Tuhan usia kandungan saya sudah memasuki minggu ke 31. Sejak usia kandungan 20 minggu, calon adiknya Reyvell sudah terlihat. Yeaaayy, teman main bola bareng. Yups, bayi laki-laki lagi. Hehehe.

Hari Minggu tanggal 29 Juli 2018, saya berkesempatan hadir di acara talk show Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan bersama RS. Pondok Indah yang bertempat di Tanamera Coffee, Jakarta Selatan.

Peraturan ganjil genap tidak menghalangi semangat saya untuk hadir pada pagi itu, meskipun ini bukan kehamilan pertama saya, rasanya tetap perlu tahu lebih banyak tentang mitos dan fakta seputar kehamilan yang selama ini sering menghantui.

dr. Eric Kasmara, SpOG

Pembicara talk show ini adalah dr. Eric Kasmara, Sp. OG yang merupakan alumni Pendidikan Dokter (1991-1997), Pendidikan Spesialis Kebidanan dan Kandungan (2004-2007) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Saat ini beliau praktik di RS Pondok Indah - Puri Indah.

Satu hal yang membuat saya semakin kagum dengan beliau, dr. Eric sendiri yang membantu proses persalinan sang istri secara normal dan uniknya, ketiga anaknya lahir ditanggal yang sama. Yaitu 5 November, hanya berbeda tahunnya saja.

Meski terlihat jutek, ternyata dr. Eric adalah pribadi yang menyenangkan dan humoris. Jujur sepanjang acara, saya seperti menyaksikan stand up comedy namun tetap mendapatkan ilmu seputar kehamilan.

Feel, Enjoy and Love your pregnancy

Menurut dr. Eric, seorang Wanita hamil adalah seseorang yang sehat. Oleh karena itu, dr. Eric tidak menyebut seorang Wanita hamil sebagai pasien.
Kehamilan: Keadaan Fisiologis. Dimana adanya janin yang berkembang dalam rahim seorang calon Ibu, maka akan terjadi perubahan pada fisiknya.

Dr. Eric akan memperlakukan seorang Wanita hamil sebagai pasien ketika terdeteksi memiliki gangguan kesehatan. Tidak hanya memberikan obat, namun dr. Eric juga akan menyarankan ke dokter spesialis sesuai dengan diagnosanya agar segera ditangani oleh ahlinya.

Wanita hamil dapat melakukan banyak hal sama seperti saat dia sedang tidak hamil. Berikut ini beberapa hal yang seringkali dianggap fakta, sehingga timbul perasaan takut atau khawatir bagi Wanita hamil yang ternyata hanya mitos.


Wanita hamil perlu makan dengan porsi double karena dia "makan" untuk dua orang.

Porsi double

Ini mitos ya Mom.
Faktanya, makan dalam porsi yang sewajarnya, dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang. Pertahankan tubuh yang sehat dengan makan teratur. Makan makanan bergizi yang mencakup empat sehat lima sempurna.
  • Sumber karbohidrat: nasi, roti, sereal
  • Sumber protein: daging, telur, hewan laut, kacang-kacangan
  • Sumber lemak: daging, telur (kurangi lemak tak jenuh)
  • Sumber serat, vitamin dan mineral: banyak sayuran dan buah-buahan

Wanita hamil boleh minum susu dan produk turunannya seperti yogurt dan keju atau susu rendah lemak. Tidak harus susu khusus Ibu hamil apalagi merk tertentu. Konsumsi susu apa saja yang penting cocok dan tidak bermasalah (mual, diare atau sembelit) setelah minum susu tersebut.

Makan itu bukan soal porsinya, tetapi makan adalah seimbangnya nutrisi dan gizi yang dikonsumsi. Cukup garam (tidak berlebihan), terutama garam ber-iodium. Segala sesuatu jika berlebihan tidak baik, terlebih bagi wanita hamil.
Terlalu banyak konsumsi manis akan mengakibatkan pembesaran ukuran hati Janin yang menyerap glukosa sehingga berat badan Janin yang dikandung akan cenderung besar.
Kalau Janinnya besar, proses kelahirannya lebih susah kan. Hehe. Butuh ekstra tenaga dan perjuangan jika ingin melahirkan secara normal.

Perhatikan asupan cairan yang cukup, minum banyak terutama air putih. Hindari minuman yang mengandung alkohol selama kehamilan. Lebih diutamakan makanan dari bahan segar dan diolah sendiri agar terjamin keamanan dan kualitasnya.

Empat sehat lima sempurna

Minum air es membuat janin berukuran besar.


Air putih es dan sirup
Bila hanya air putih es saja, tidak akan membuat janin besar, kecuali jika dibarengi dengan sirup, gula, dll.


Makan nanas dapat menyebabkan keguguran.


Hamil vs Nanas
Ini pun mitos ya Mom, karena tidak sepenuhnya benar. Bila nanas matang tidak masalah, asalkan lambungnya tidak terganggu dengan asamnya. Perhatikan riwayat lambung, apakah memiliki masalah asam lambung atau maag. Asam dalam nanas bisa memberi rasa panas atau refluks. Makan dalam jumlah besar bisa menimbulkan efek yang tidak nyaman. Seringkali wanita hamil menggangap sebagai kontraksi, ternyata hanya mulas karena asam lambung naik.
Jadi intinya, asupan normal tidak mungkin memengaruhi kehamilan.


Minum air kelapa dapat menyebabkan kulit janin bersih.

Air Kelapa dimasa kehamilan

Air kelapa baik dikonsumsi selama masa kehamilan karena dapat membantu mencegah dan mengurangi dehidrasi. Air kelapa mengandung elektrolit dan tinggi kalium, serta menghindarkan Mom dari infeksi saluran kemih selama masa kehamilan.
Namun kandungan di dalam air kelapa tidak akan mampu mengubah warna kulit bayi. Bila bayi Mom lahir dengan lemak fernik di kulitnya, itu bukan kotor tapi lemak yang melindungi janin di perut Mom.

Tahu tidak sih Mom, ternyata lemak yang terlihat kotor pada kuit bayi baru lahir ternyata memiiki manfaat banyak bagi sang Buah Hati. Manfaat si lemak yang terlihat kotor diantaranya,

  • Lemak ini dapat memberi kehangatan pada tubuh bayi yang baru lahir
  • Tanpa lemak yang menempel di kulit, bayi bisa terkena hipotermia (Melindungi kulit bayi baru lahir agar tidak mudah kehilangan panas tubuh)
  • Melindungi bayi dari mikroba atau bakteri lainnya
  • Sebagai antibiotik bayi karena lemak mengandung banyak protein

Jadi konsumsi air kelapa tidak ada hubungannya dengan kulit janin yang menjadi putih dan licin.


Minum minyak kelapa dapat melicinkan jalan lahir.

Minyak Kelapa

Tentu ini mitos.
Cairan atau asupan makanan  yang dikonsumsi oleh wanita hamil tentunya akan masuk ke lambung, bukan ke vagina. Tidak nyambung. Tidak ada hubungannya minum minyak kelapa dengan tujuan melincinkan jalan lahir nanti.


Wanita hamil tidak boleh berolahraga.


Olahraga
Lagi dan lagi hanya mitos ya Mom.
Wanita hamil justru disarankan untuk melakukan olahraga dan peregangan (stretching).
Olahraga selama masa kehamilan dapat melibatkan aktivitas fisik ringan seperti jalan pagi, berenang, yoga, senam hamil, peregangan, dll. Olahraga meningkatkan sirkulasi darah, tubuh menjadi segar dan lebih fit. Dan olahraga itu baik untuk Ibu, baik pula untuk janinnya.


Wanita hamil tidak boleh menambal gigi atau berobat ke dokter gigi.


Dental office

Faktanya, kesehatan gigi dan mulut penting pada wanita hamil. Bila terjadi infeksi pada gigi dan gusi, kuman dapat masuk kedalam darah. Infeksi gigi dan gusi juga dapat menjadi faktor pencetus kontraksi pada kehamilan. Gigi dan gusi yang sehat juga menjamin asupan gizi yang baik.

Gigi yang bermasalah pada wanita hamil harus segera ditangani. Biasanya, dr.Eric akan memberikan rujukkan ke dokter spesialis gigi agar segera mendapat tindakan tepat.


Wanita hamil tidak diperbolehkan naik pesawat terbang.


Naik pesawat saat hamil
Wanita hamil bila sehat dan tidak ada masalah pada kehamilannya, diperbolehkan berpergian dengan pesawat. Usia kehamilan yang nyaman untuk naik pesawat adalah antara 14 minggu - 28 minggu. Kenapa 14 minggu, karena pada minggu ini frekuensi mual dan muntah mulai berkurang atau menghilang. Dan kenapa hingga 28 minggu, karena diatas usia kehamilan ini biasanya wanita hamil mulai merasakan tidak nyaman jika harus duduk terlalu lama, frekuensi ke toilet lebih sering. Bila memang ingin berpergian, pilihlah seat yang memudahkan Moms untuk ke toilet atau hanya sekedar melakukan peregangan.

Meski demikian, tetap ada anggapan
wanita hamil akan keguguran jika naik pesawat terbang, karena tekanan udara di atas pesawat. FYI, tekanan di kabin pesawat sudah dibuat nyaman bagi penumpangnya (pesawat komersial) dan tidak berbahaya bagi janin.
Bila memang ragu, dapat konsultasikan terlebih dahulu dengan SPOG ya Moms.


Metal Detector dapat menyebabkan radiasi pada janin.


Metal Detector
Sebagai orang awam, tentu hal ini menjadi salah satu kekhawatiran saya sendiri. Tidak hanya pada waktu masuk bandara, seringkali kita jumpai ketika kita akan memasuki mall atau tempat wisata. Ternyata ini adalah mitos. Metal Detector dengan X-Ray itu dua hal yang berbeda. Metal Detector menggunakan gelombang magnetik yang tidak berbahaya untuk janin. 

Jadi, sudah tahu ya. Melewati Metal Detector baik gerbang maupun tongkat, tidak berbahaya bagi wanita hamil dan janin yang ada didalamnya.


Selama masa kehamilan, wanita tidak boleh melakukan hubungan seks.


Sex during pregnancy
Bagi saya pribadi, sex adalah kegiatan yang menyenangkan. Fakta menariknya adalah, sebagian wanita merasa gairah seks meningkat selama kehamilan. Begitu pula sebagian pria merasakan wanita hamil lebih menggairahkan.
Bila tidak ada masalah dalam kehamilan, hubungan seks yang wajar masih diperbolehkan. Tentukan posisi yang nyaman bagi sang istri.

Berhubungan seks mengakibatkan kepala penis dapat membentur kepala janin dalam kandungan. Faktanya, pada saat berhubungan seksual, penetrasi penis hanya sampai ke vagina dan menyentuh serviks. Sehingga tidak akan mengenai janin dalam kandungan.

Sperma yang dikeluarkan akan menempel pada rambut janin. Faktanya,  janin dalam kandungan dilindungi oleh selaput ketuban dan air ketuban, sehingga tidak akan terkena sperma.


@amalliasarah - @tettytanoyo - @duniaeni
saya - @nonaseptiana
Stop memikirkan mitos-mitos yang berhembus dilingkungan sekitar kita. Terus memikirkannya hanya membuat masa kehamilan kita tidak menyenangkan. Penting untuk selalu berpikiran positif, agar alam bawah sadar kita terbawa ke aura yang positif. Tanamkan pemikiran bahwa "saya cantik saat hamil, meskipun berat badan saya bertambah, saya tetap cantik. Karena didalam tubuh saya ada mahkluk hidup yang amat berharga sedang tumbuh dan berkembang dengan sehat."

Camilan - Tanamera Coffee

Rs Pondok Indah - dr. Eric - Moms to be

Goodie Bag
2 komentar on "Fakta dibalik Mitos seputar kehamilan"
  1. Banyak mitos yang aneh2 dan kadang ga "masuk akal" tapi untungnya sekarang zaman berubah ya, banyak informasi yang bisa bumil akses supaya ga salah ambil keputusan.

    BalasHapus
  2. Kalau mitos tentang ibu hamil tidak boleh makan nanas karena takut keguguran mungkin karena di dalam nanas ada kandungan enzim bromyelin nya ya, enzim ini yang bisa memecah serat-serat daging.. Tapi kalau dimakan sewajarnya kayanya ga ngaruh sih yaa ke janin.

    BalasHapus