Parenting | Lifestyle | Review

Pelayanan Intervensi Mitra Keluarga Bekasi Timur

on
Sabtu, 07 September 2019

Hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2019 lalu saya berkesempatan untuk menghadiri acara Health Talk & Blog Competition "Angiografi: Diagnostik dan Terapi" di Auditorium Mitra Keluarga Bekasi Timur.

Melihat Mama Mertua pernah mengalami Stroke ringan dan beberapa waktu lalu mendapatkan Serangan Jantung. Saya sangat antusias untuk datang dan mencari tahu lebih banyak tentang Terapi Penyakit Jantung, Stroke dan Pembuluh Darah.


Menuju meja pendaftaran saya disambut dengan ramah, dipersilahkan menikmati jamuan makan siang. Sebagai seorang Ibu Menyusui, sudah waktunya saya Pumping. Dengan cepat dan tanggap saat menanyakan dimana saya dapat Pumping, langsung diarahkan ke sebuah ruangan nyaman di lantai tersebut. Tepat pukul 13:00 acara di mulai.


Pembukaan Health Talk

dr. Sylvia - Assistant Manager Marketing MIKA Bekasi Timur
Diawali oleh Pak Haryanto yang menyampaikan Safety Briefing saat berada di Gedung Mitra Keluarga Bekasi Timur.

Dilanjutkan oleh dr. Sylvia selaku Assistant Manager Marketing Mitra Keluarga Bekasi Timur menjelaskan secara singkat sejarah Mitra Keluarga dan Fasilitas yang dimiliki oleh Mitra Keluarga Bekasi Timur.



Health Talk dengan Ahlinya
dr. Danny - dr. Fritz - dr.Faris - dr. Rachel
Health Talk dimoderatori oleh dr. Rachelia Salanti selalu dokter praktek di Mitra Keluarga Bekasi Timur.


dr. Fritz Sumantri, Sp.S
Saraf
Beruntungnya saya dapat berjumpa dan mendengarkan secara langsung dari salah satu Dokter Ahli Saraf yang di segani di Indonesia. Dokter Spesialis Saraf kelahiran Samarinda, 48 tahun lalu ini ternyata memiliki hobby bernyanyi.

dr. Fritz mengingatkan, meski Pria lebih beresiko terkena stroke, tetapi lebih banyak Perempuan yang meninggal karena stroke.

Apa yang harus dilakukan ketika terjadi serangan stroke?
Waktu tepat untuk menolong pasien stroke adalah 4,5 jam sejak serangan terjadi. Maka itu ketika mendapati ada orang yang terkena gejala stroke, menurut dr.Fritz jangan coba-coba untuk mengobatinya sendiri seperti menusuk jarum yang belum terbukti manfaatnya.

“Yang penting segera bawa ke rumah sakit, tidak bisa ditangani sendiri. Ada yang mengatakan ditusuk biar darahnya keluar tetapi itu belum ada bukti ilmiahnya. Kalau mau tusuk di mobil saja saat menuju rumah sakit supaya tidak membuang waktu. Tidak ada pilihan lain selain ke rumah sakit jangan istirahat-istirahat dulu,” ujar Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS.


Stroke sendiri ada 2 jenis yakni karena pembuluh darah ada yang tersumbat atau pembuluh darah ada yang pecah. Jadi stroke itu terbagi menjadi stroke akibat penyumbatan pembuluh darah di otak dan stroke karena pecahnya pembuluh darah di otak.


Salah satu cara untuk mencegah stroke berulang adalah periksa pembuluh darah otak dengan baik dan benar, hindari faktor risiko stroke, disiplin minum obat, tidak usah mikirin ada gangguan ginjal atau tidaknya karena dokter selalu memberikan obat yang aman. Jika memang ada gangguan ginjal dari awal Dokter akan menyesuaikan dosis. Cara melihat pembuluh darah ada otak:

  1. MRA (Magnetic Resonance Angiography)
  2. TCD (Transcranial Doppler)
  3. CTA (CT Angiography)
  4. DSA (Digital Subtraction Angiography)
Terbagi dua cara penanganan pada kasus penyempitan dan penyumbatan.
  • Thrombolysis. Memasukkan obat cairan tertentu ada kasus penyempitan kurang dari 4,5jam
  • Thrombectomy. Memasukkan cincin/ mengeluarkan penyumbatan, sebelum 24jam.

dr. Faris Basalamah, Sp.JP, FIHA, FAPSIC, FAsCC
Jantung dan Pembuluh Darah
Letak Jantung kita ada di tengah rongga dada sedikit kemiri. Fungsi utama Jantung adalah memompa darah yang kaya oksigen/zat makanan ke seluruh tubuh dan mengatur sirkulasi.

Penyakit kardiovaskular atau penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia saat ini. Penumpukkan kolesterol membuat penyumbatan aliran oksigen pada pembuluh darah. 


Sebagian besar dari kasus kematian mendadak ternyata disebabkan gangguan irama jantung yang lebih dikenal dengan istilah aritmia. Penyakit ini terjadi ketika adanya gangguan penghantaran impuls listrik yang berfungsi mengontrol detak jantung. Aritmia ini terbagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu gangguan irama jantung cepat dan gangguan irama jantung lambat.



dr. Danny Pratama, SpV(K)V
Bedah Vaskuler
Salah satu penyakit yang paling sering kita temukan adalah Varises. Ternyata ini sangat berkaitan dengan penyempitan pembuluh darah pada bagian kaki. Varises sering dijumpai pada perempuan, terutama pengguna high heels. Hal tersebut menyebabkan darah di bagian Vena kaki sulit mengalir ke Jantung. Mungkin kita sering mengganggap sepele, ternyata Varises harus mendapatkan penanganan melalui tehknik thrombosis.

Hospital Tour Mitra Keluarga Bekasi Timur
Ruang Kateterisasi
Angiografi adalah teknik pencitraan yang digunakan untuk melihat lumen atau bagian dalam organ dan pembuluh darah. Prosedur ini juga dikenal sebagai arteriografi. Tindakan pencitraan medis ini sering digunakan untuk memeriksa kondisi jantung, pembuluh arteri, dan vena. Pemeriksaan umumnya dilakukan pada penderita pecahnya Pembuluh Darah, Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Aneurisma otak, Penyakit Arteria Perifer, dan hambatan aliran darah ke ginjal.

Ketika kita merasa gejala penyakit yang dijelaskan diatas, segeralah melalukan pemeriksaan Angiografi. Namun, ada beberapa kondisi yang tidak boleh dilakukan saat Angiografi. Seperti Ibu hamil(atau sedang progam) dan Menyusui, memiliki riwayat alergi, diabetes, atau sedang mengkonsumsi obat pengencer darah.

Setelah sesi Health Talk selesai, kami diajak untuk turun ke lantai 2. Sebagai undangan blogger kami berkesempatan melihat langsung Ruang Kateterisasi. Sebenarnya tidak diperbolehkan untuk mengambil foto atau video didalam ruangan ini (seluruh area Rumah Sakit pun sudah menempelkan larangan tersebut), hal tersebut demi kenyamanan pasien.

Pada Ruang Kateterisasi ini terdapat beberapa ruangan lagi. Ada ruangan konsultasi dengan dokter sebelum tindakan, ruang monitoring untuk memantau aktivitas Jantung dan pembuluh darah saat terjadi tindakan, toilet, lemari berisikan ring dan wire, ruangan pemulihan dan ruang tindakan kateter jantung itu sendiri.

Di dampingi oleh Ibu Tuti selaku penjaga ruang Kateterisasi sejak tahun 2010 (sebelumnya Beliau berada di Ruang ICU RS Mitra Keluarga Bekasi Timur sejak tahun 2004). 
Meski tempat ini adalah ruang tindakan, namun tindakan yang dimaksud adalah tindakan infansif non bedah. Prosesnya adalah, Pasien akan diminta untuk berbaring di tempat tidur (panjangnya dapat disesuaikan) tidak lupa menggunakan pakaian tindakan ya.
Lalu akan diberikan suntikan bius lokal, biasanya di paha atau tangan sebelah kiri sesuai kebutuhan.

Ibu Tuti memperlihatkan bagaimana memasukkan ring ini. Pada pembuluh darah (yang terlihat hijau seperti urat), ditusukkan jarum untuk memasukkan selang (rel), jalan masuknya wire kesepanjang pembuluh darah sampai titik penyempitan. Sebagai contoh, kami diperlihatkan video pasien yang pernah mendapatkan tindakan di Mitra Keluarga Bekasi Timur.

Ada yang bentuknya ring, ini saat dimasukkan masih kecil lalu saat sudah didalam akan dikembangkan sehingga membuka aliran darah atau melebarkan penyempitan. Ada juga yang berbentuk segiempat ini, PPM. Dipasang ada bagian dada kiri, mampu bertahan hingga 10tahun (batreinya).


Seluruh bahan ring adalah metal, namun tidak perlu khawatir saat melewati metal detektor karena Pasien yang dipasang alat-alat ini akan mendapatkan kartu pengenal (seperti KTP) yang memberitahukan bahwa didalam tubuhnya di pasang ring jantung atau PPM.

Keseruan Akhir Health Talk
Hadiah Games
Akhir acara, diadakan games Kahoot dengan pertanyaan seputar materi Health Talk & Hospital Tour Mitra Keluarga Bekasi Timur. Beruntungnya saya menjadi pemenang games tersebut. Lalu dilanjutkan pembagian doorprize.

Berangkat dari Jakarta ke Bekasi menggunakan kereta, untuk mengikuti Health Talk dan Hospital Tour. Bersyukur bisa bawa pulang hadiah Printer Hp DeskJet Ink Advantage. Dapat Ilmunya, tambah teman dan bawa pulang hadiah. Terimakasih Mitra Keluarga Bekasi Timur.

Profil Rumah Sakit Mitra Keluarga
Mengejar Indonesia yang lebih sehat sejak tahun 1989, Rumah Sakit Mitra Keluarga telah sukses membangun jaringan rumah sakit yang dipercaya oleh keluarga Indonesia hari ini. Lebih dari dua puluh lima tahun melayani masyarakat Indonesia, kita telah menghadapi dinamika dalam memberikan layanan kesehatan yang menantang kita untuk terus berupaya lebih baik. Berangkat dari komitmen untuk ‘menyentuh’ lebih banyak keluarga Indonesia, kita siap melangkah maju.

Rumah Sakit Mitra Keluarga menjadi Mitra Keluarga, menghidupkan keluarga dalam Mitra Keluarga, menjadi lebih dari sekedar rumah sakit. Menjadi lebih dinamis dan hidup. Mitra Keluarga adalah “life.love.laughter.” Artinya simbol perubahan Mitra Keluarga dari rumah sakit menjadi sebuah rumah.

Dengan menjadi “HOME”, Mitra Keluarga berkomitmen untuk melayani kesehatan masyarakat sebagai keluarga kami, dengan layanan dan pengobatan yang memungkinkan mereka untuk hidup seutuhnya, penuh dengan cinta dan kebahagiaan. Layanan unggulan yaitu Laparoskopi, Artroskopi, Angiografi, MRI, Klinik Diabetes.

Mitra Keluarga Bekasi Timur
doc: MIKA
Mitra Keluarga Bekasi Timur mulai beroperasi di tahun 2004. Di akhir tahun 2005 jumlah tempat tidur rumah sakit Perseroan mencapai 742.

Untuk info selanjutnya dapat mengunjungi,
Instagram @mitrakeluarga

Jalan Pengasinan, Rawa Semut, Margahayu,
Bekasi Timur, Jawa Barat 17113
Telp : (021) 89999222
IGD : (021) 88342007
Fax : (021) 8820707

-----

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi banyak orang. Untuk saran dan kritik, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Terimakasih.
38 komentar on "Pelayanan Intervensi Mitra Keluarga Bekasi Timur"
  1. Terima kasih infonya mom ku benar benar menyimak tulisan kamu sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur memiliki fasilitas lengkap ya, pantesan Mama kalo berobat selalu kesini padahal tinggal di Jakarta, untuk konsultasi dengan dr. Faris

    BalasHapus
  3. Wah akunada lho varies, ternyata itu penyempitan pembuluh darah pada Kali ya. Lengkap penjabarannya. Aku jadi tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ternyata Varises itu penyakit ya Mom.
      Sehat selalu Mom Julia.

      Hapus
  4. Rumah Sakit Mitra Keluarga emang termasuk rumah sakit yang lengkap sekali, btw terkmakasi untuk informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih Mba Diah, iya lengkap sekali fasilitasnya.

      Hapus
  5. Ooo, baru tahu ada semaca baterainya dan dikasih semacam kartu juga ya. Terima kasih atas informasinya, Mom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Mba, tapi tetap rutin kontrol agar kualitas batrei nya bertahan lama.

      Hapus
  6. Informatif sekali bagi yang awam mom. Makasih banyak sharingnya, melalui tulisan ini aku jadi tambah pengetahuannya. Thanks ya mom.

    BalasHapus
  7. Kalau ngomongin rumah sakit Mitra Keluarga ini baik yang ada di Jakarta, Bekasi, Tangerang atau daerah manapun termasuk Surabaya alatnya lengkap semua ya. Banyak dari teman-teman saya yang memilih rumah sakit ini untuk berobat keluarganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mom. Mitra Keluarga Bekasi memang lengkap fasilitasnya.

      Hapus
  8. Lengkap banget plus informatif sekali tulisannya, Mbak. Jadi dapat pencerahan nih...Thanks sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih Mba Intan, senang jika tulisannya bermanfaat.

      Hapus
  9. Wah ternyata parises itu salah satu jenis penyakit jg ya,selama ini saya kira cuma hal sepele.. trimakasi infonya mom

    BalasHapus
  10. sekarang rumah sakit mitra keluarga bekasi timur pelayanannya sudah intervensi, terutama kualitas rumah sakitnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, bener banget. MIKA memang berkualitas dari pelayanan dan fasilitasnya

      Hapus
  11. RS Mitra Keluarga Bekasi Timur layanannya sudah lengkap. Dan menonjolkan kualitas yang baik.

    BalasHapus
  12. Deket nih Mba Mitra Keluarga Bekasi Timur, baru tahu kalau ada pelayanan pasang ring disana. Terimakasih sharingnya Mba

    BalasHapus
  13. Mitra Keluarga Bekasi Timur sudah lengkap ya sekarang, hebat bgt
    makasih mom infonya

    BalasHapus
  14. Waah...aku baru tahu kalau ring itu bahannya metal.
    Katanya memasukkannya tidak menggunakan metode operasi kan yaa...

    BalasHapus
  15. Mitra Keluarga Bekasi ini bagus nih mba pelayanannya. Dan lengkap juga ya. Baca tulisan ini juga jadi tahu tentang pelayanan yang terbaik bagi pasien

    BalasHapus
  16. Sepertinya aku mesti bawa bapakku periksa ke RS Mitra Keluarga Bekasi Timur ini deh, thanks infonya mbak

    BalasHapus
  17. Modern ya peralatan kesehatannya. Mitra Keluarga memang bagus sih sejak dulu

    BalasHapus
  18. Mitra Keluarga sudah punya branding RS nyaman tuh. Saya tahu dari orang tuanya teman saya yg katanya kalau periksa selalu ke sana.

    BalasHapus
  19. Rumah Sakit andalan keluarga besar nih mbak. Dulu kalau sakit lanngsung datang ke RS Mitra Keluarga ini. Apalagi teknologinya semakin maju banget sekarang jadi lebih aman.

    BalasHapus
  20. Dulu wkt suami sakit, sembuhnya saat berobat ke mitra keluarga waru sidoarji

    BalasHapus
  21. Penyakit jantung ini penyebab kematian tertinggi di Indonesia ya. Suamiku juga waktu periksa jantung, di Mitra Keluarga dulu. Disuruh kateterisasi kayak gini.

    BalasHapus
  22. Aku suka bergidik ngeri kalo ada pemberitaan penyakit tidak menular seperti jantung dan stroke ini. Beberapa kali melihat stroke dari pecah dan tersumbatnya pembuh darah

    BalasHapus
  23. Meskipun belum pernah kesana, tapi nama RS Mitra Keluarga sangat tidak asing di telinga saya. Membaca dari beberapa tulisan, saya melihat bahwa RS ini terus berkembang, makin lengkap, dan makin ramah keluarga.

    BalasHapus
  24. Andai acara ini ga bentrok pasti kita ketemu deh, selamat ya menang games ☺

    BalasHapus
  25. Keren banget acaranya. Benar-benar bisa nambah pengetahuan tentang stroke nih.

    BalasHapus
  26. aku baru tau kalau struk gitu mitosnya ditusuk2 jarum yaah? btw penyakit jantung emang paling banyak sih ditemukan di Indonesia, keluargaku yang perokok kena serangan jantung semua :)

    BalasHapus
  27. Wah, kita perlu tahu tentang kesehatan organ tubuh, untuk upaya preventif

    BalasHapus
  28. Alm. Ayah meninggalnya karena jantung memang bener jadi sering2 ngontrol jg yah organ tubuh. Jantung merupakan penyakit yang suka datang tiba2

    BalasHapus